Tutorial CorelDraw sesi 1 Pengenalan

02.54 0 Comments



Hallo kawan sejagat dumai sekalian, kali ini saya akan membagikan tutorial CorelDraw untuk para pemula. kelebihan dari coreldraw sendiri adalah tool-tool nya yang mudah di mengerti dan tampilannya yang simple, coreldraw juga bisa mengghasilkan vector yang sangat luar biasa. tapi selain coreldraw Adobe pun menyediakan software serupa dengan coreldraw yaitu Adobe illustrator , software yang satu ini juga gak kalah bagus dan keren. kali ini saya tidak akan membahas tentang Adobe illustrator, melainkan saya akan membahas seputar CorelDraw ya kawan . kita mulai saja tutorialnya ya.
Pertama kalian buka software coreldraw yang kalian punya. di sini saya menggunakan coreldraw x4, cara membuka coreldraw yang kalian punya bisa Klik Open atau doubel klik di software coreldraw yang sudah kalian instal.
Kedua Setelah di buka kalian akan mendapati tampilan awal dari coreldraw seperti gambar di pinggir, nah setelah itu kalian pilih New blank document.
Ketiga setelah kalian ikuti langkah di atas kalian akan mendapati tampilan seperti gambar di samping , tampilan di samping tersebut adalah hasil dari perintah di atas yang kalian pilih dengan perintah New blank document, di bagian ini kalian akan mendapati berbagai Tool , mulai dari yang posisinya di atas, di samping kiri , di samping kanan dan di paling bawah , jangan kawatir sedikit demi sedikit tool – tool itu akan kita pelajari dan akan kita ajak kenalan . kan ada yang bilang tak kenal maka tak sayang ia gak ?? . nah kalo di sini tak kenal maka bingung ngegunainnya hii hii hii.
Keempat kita akan mulai kenalan sama tool –tool yang ada di tampilan coreldraw yang kita buka.

1. Menu Bar , kita sapa dulu menu barnya ya , haiii menu bar . berikut tampilan menu bar. nah dari menubar tedapat barisan tulisan seperti dari gambar di atas , ada yang bernama File, Edit View sampai Help, akan kita pelajari di artikel selanjutnya ya .

2. Toolbars Standar , haaiii Toolbars Standar , nah berikut tampilan dari Toolbars Standar Jangan sampai lupa yah namanya Toolbars Standar.

3. Property Bar, di sapa dulu lagi ya , haiii Property Bar, nah ini nih tampilan si Property Bar . di Property Bar kalian bisa mengganti ukuran lembar kerja kalian seperti lembar kerja awal kalian A4 nah kalian bisa menggantinya dengan ukuran A3 dan ukuran-ukuran yang lainnya , kalian juga bisa membuat ukuran lembar kerja kalian sendiri.


4.ToolBox, keren nih namanya toolbox ia gak ia gak hii hiii , di sapa lagi ya toolboxnya , hai toolbox maukan jadi sahabat aku ?? hiii kaya ke orang aja ya ?? biarin sedikit hiburan ya biar gak tegang sama mumet waktu kalian mempelajarinya. itu tuh penampilan ToolBox di samping kanan tu. bisa di lihat sendiri ada berbagai tool di sana bisa di bilang lumayan banyak ya toolnya , huuuffttt harus kenalan satu persatu niiih, ia dong harus kan kita pengen tau mereka siapa dan kegunaanya apa saja ia gak?? hii hii semoga tool-tool nya pada baik ya bisa nerima kita apa adanya, ciiieela emangnya apaan ya nerima apa adanya kita . tapi untuk kali ini kita cukup kenal dulu sama wadahnya mereka ya yaitu ToolBox tadi , jadi toolbox ini mempunyai banyak anak salah satunya Pick Tool yang posisinya berada di paling atas , penjelasan nama dan kegunaan dari tiap tool akan saya bahas di artikel selanjutnya ya, nanti kita kenalan lagi sama mereka namun lebih mendalam. jangan dulu pusing dengan penampilan mereka karna mereka lah yang akan memudahkan pekerjaan kita looohh . gak percaya?? percaya gak?? kalian bisa membuat gambar yang kalian inginkan dengan mudah, dengan bantuan mereka. kalian bisa membuat pariasi kepada gambar yang kalian buat dengan mudah, hebattt bukan .pastinya dengan bantuan mereka dan skill kalian yang memadai .


5. Color Palettes, sesuai dengan namanya mereka bekerja untuk warna , apabila kalian membutuhkan warna , kalian larinya ke Color Palattes , ini penampakan dari color palettes.jangan lupa ya kawan yang satu ini namanya color palettes ,dini sini tersedia warna kombinasi (gradien) gak cuman warna solid ya asal kalian kenal dulu sama tool di atas ama yang satu ini, dan gak cuman objek seperti lingkaran, kotak, dan segitiga yang bisa di warnai, text yang kalian buat juga bisa kalian warnai dengan warna-warna yang kalian sukai, asiiiik bukann??. kalian bebas berimajinasi dengan warna color palettes ini. wiiih gak perlu beli crayon nih asiiik, uang jajan jadi utuh nih yang tadinya buat beli crayon bisa di simpen di saku , eh salah di celengan, jangan lupa di bagi ya uang jajannya hiii hiii.
Dan di posisi kelima ada Status Bar, status bar ini bukan kaya status di media sosial loh , kalian gak bisa bikin status galau kalo di sini hii hii berikut penampilan Status Bar Di status bar tidak banyak tool , sesuai dengan namanya di bagian ini hanya status saja dengan warna yang di gunakan . bisa di lihat di pinggir kanan ada gambar Ember tumpah dan Pent tool . Jangan sampai lupa ya sama mereka karna mereka sering di abaykan oleh pengguna-pengguna yang lain mereka anggap mereka gak begitu penting , maka dari itu kalian harus mengingat dan mempelajarinya .
Cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan mohon maaf apabila ada perkataan yang tidak mengenakan atau membingungkan semoga bermanfaat .

Unknown

Ilmu yang bermanfaat yaitu ilmu yang di amalkan

0 komentar: